Sosialisasi Pelaksanaan Audit Mutu Internal di FT UNEJ Periode 2021

Standar Pelayanan Minimum (SPM) di Universitas Jember (UNEJ) menjadi aspek yang sangat mendasar dan urgen untuk dilaksanakan. Hal ini tidak hanya karena UNEJ sebagai organisasi yang besar dengan lingkup aktivitas yang komplek mengharuskan menyusun rencana kegiatan yang sistematis, namun juga didasarkan atas kesadaran bahwa pengelolaan institusi yang baik haruslah diawali dengan mengenali kondisi yang sedang berlangsung (the existing condition) dengan menemu-kenali potensi diri, kekurangan dan kendala yang dihadapi baik dalam lingkup internal maupun dengan pihak eksternal sebagai dasar untuk menetapkan standar dan berikut proyeksi pengembangannya.

Ketercapaian SPM UNEJ ini sangat bergantung atas komitmen, konsistensi, pemahaman, koordinasi, dan kebersamaan dalam rangka sinergisnya seluruh komponen universitas sangat diharapkan dalam rangka terwujudnya capaian mutu yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu untuk mencapai hal tersebut diperlukan pengembangan strategi pencapaian diantaranya adalah sosialisasi internal ke seluruh sivitas akademika di lingkungan Universitas Jember untuk menjamin bahwa setiap komponen universitas telah memahami substansi SPM ini.

Fakultas Teknik sebagai sebuah divisi dari UNEJ memahami sepenuhnya bahwa untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi di era revolusi industri 4.0 maka diperlukan audit mutu internal atau disebut juga survey kepuasan layanan. Tujuan dari survey kepuasan layanan ini adalah sebagai tolak ukur dalam menilai sekaligus mengevaluasi tingkat kualitas layanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik kepada civitas akademika. Evaluasi yang dilakukan Fakultas Teknik secara berkala terhadap unit kerja dibawahnya dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh pimpinan Fakultas Teknik dalam memutuskan kebijakan-kebijakan baru sebagai peningkatan kualitas layanan dari unit-unit kerja di Fakultas Teknik.

Sebagai informasi bahwa saat ini Fakultas Teknik UNEJ mengelola 16 unit kerja diantaranya Program Studi Magister, Program Studi Sarjana, Program Studi Diploma dan Program Profesi Insinyur. PS Sarjana yang berada di bawah pengelolaan Fakultas Teknik terdiri atas PS Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Konstruksi Perkapalan, Teknik Lingkungan, Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan. Adapun PS Magister dan PS Diploma yang dikelola yaitu Program Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro.

Untuk mengetahui tingkat kepuasan civitas akademika (mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan) di Fakultas Teknik terhadap layanan manajemen pada unit-unit kerja dibawahnya, maka perlu dilakukan survey kepuasan sebagai bahan evaluasi terhadap semua unit. Untuk itu, dilakukan sosialisasi pelaksanaan audit mutu internal di Fakultas Teknik oleh tim GPM. Berikut kami sampaikan poin-poin sosialisasi audit mutu internal di Fakultas Teknik dalam bentuk info grafis.

  1. Timeline pelaksanaan audit

2. Mekanisme pelaksanaan audit internal pembelajaran

3. Mekanisme pelaksanaan wawancara tenaga kependidikan

 

Posted on: April 26, 2021, by :