Kesan dan Pesan Mahasiswa Prestasi Bidang Akademik

1. Dinda Khofifa (191910701024)

Mengikuti World Invention Competition and Exhibition 2021 dan Youth International Science Fair 2022 memberikan kesan baik. Awal mula mengikuti lomba tersebut adalah hasil obrolan biasa bersama rekan UKM mengenai lomba dan ide yang akan dilombakan. Dari obrolan tersebut, terbentuk satu tim yang kemudian berkomitmen untuk mengikuti lomba dengan tujuan hanya sekadar ingin merasakan atmosfir perlombaan. Dalam hal persiapan, mengikuti lomba ini memantik produktivitas pribadi dikarenakan dalam menyiapkan lomba tersebut diadakan banyak pertemuan mingguan ataupun dwimingguan untuk terus berdiskusi perihal ide atau topik yang diangkat dalam penyusunan paper untuk dipresentasikan. Selama waktu persiapan saya merasa mengetahui banyak hal baru dari diskusi dan riset kecil yang dilakukan kelompok. Atmosfer perlombaan sendiri memberi semangat; atas masukan dari juri; atas rasa semangat peserta lainnya. Dalam memahami konsep ide dan alat yang dilombakan sendiri tak begitu sulit karena konsep yang sudah familiar. Persiapan selanjutnya adalah melakukan revisi pada paper, diskusi mengenai sistematika presentasi, dan juga mempersiapkan materi – materi pendukung atau tambahan untuk sesi tanya jawab dan diskusi bersama juri pada hari pelaksanaan lomba.

2. Alma Sofiah (201910701020)

Saya memiliki minat dan bakat yang sangat banyak terhadap banyak hal. Adapun penghargaan yang saya peroleh dengan membawa nama Universitas Jember dalam ajang Internasional melalui Asean Innovative Science Environtmental and Entrepreneur Fair 2022 menjadi kesan yang paling berharga bagi saya. Sehingga kedepanya saya bisa meraih prestasi lainnya.

3. Dwi Ferdyanto (181910701032)

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah terlibat dan membantu saya mendapatkan pencapaian ini. Alhamdulillah, saya bisa mengikuti berbagai perlombaan dan mendapatkan penghargaan. Saya mendapat pendanaan PHP2D Kemendikbudristek 2021, 30 besar proposal business ISYEF Preuner Bank Indonesia 2021, Finalis PKM Raya V Universitas Jember 2021, dan juga mendapatkan peringkat 12 pada lomba essay nasional MALISIC UIN Malang 2021. Hal ini tidak terlepas dari karunia Allah SWT serta banyak dukungan, doa, dan harapan yang telah diberikan keluarga, para dosen, dan teman-teman saya. Bisa dilihat bahwasanya pencapaian yang saya dapatkan kurang linier dengan background pendidikan saya yaitu Teknik Konstruksi Perkapalan karena saya percaya dan meyakini bahwasanya keluar dari zona nyaman sangat penting untuk mengeksplore kemampuan diri yang pada akhirnya bisa kita kolaborasikan dengan background utama pendidikan kita. Harapan saya ke depan untuk teman-teman Teknik Konstruksi Perkapalan, jangan takut mencoba hal baru selama itu baik untuk diri kita, apabila kita takut gagal berarti kita telah membatasi kemampuan kita. Raih prestasi untuk memacu diri agar lebih baik lagi.

4. Ramli Firdaus Kusnadi (181910701024)

Terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan do’a dari orang-orang yang care about me. Saya turut bangga bisa membawa Universitas Jember melalui beberapa ajang perlombaan baik dalam ruang lingkup nasional maupun internasional. Dari berbagai perlombaan, menjadi langkah pembelajaran baik menang atau tidak. Sehingga saya tidak penah merasa puas dari hasil yang ada. Saya coba untuk meningkatkan kemampuan saya dari perlombaan yang saya ikuti.

5. Yasfi Marsianto Eko Zunaidi (201910701034)

Sebuah kesempatan berharga bagi saya memperoleh penghargaan olimpiade POSI. Masih banyak yang harus saya pelajari, dan saya akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi kedepannya.