Seminar Kerja Praktik Semester Genap 2022/2023
Kerja Praktik (KP) adalah mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Teknik Konstruksi Perkapalan pada Semeter 6 atau 7 dalam rangka melaksanakan studi secara real di sebuah Perusahaan / Instansi Pemerintah dengan menerapkan ilmu (teori) yang telah didapatkan di kampus. Setelah melaksanakan KP selama 45 hari, maka mahasiswa kemudian harus melakukan deseminasi kegiatan kerja prakteknya dalam bentuk seminar kerja praktek untuk mendapatkan penilaian KP.
Kegiatan seminar KP semester genap 2022/2023 kali ini banyak diikuti oleh mahasiswa angkatan 2020, di mana Naufal Mishbahuddin, Isman Widad Daqoiqul, dan Nurisa Sharani Fasya adalah beberapa diantaranya yang melaksanakan seminar pada 15 Juni 2023. Naufal Mishbahuddin mengangkat judul laporan kerja praktik “Studi Proses Pembuatan Konstruksi Frame 25-29 Pada Kapal Crew Boat L150 40 m di PT. Orela Shipyard – Gresik”, Isman Widad mengangkat judul laporan kerja praktik “Studi Proses Dimensional Check Jangkar dan Rantai Jangkar Pada Kapal Repair MT. Bingo di PT. Orela Shipyard – Gresik”, dan Nurisa Sharani mengangkat judul laporan kerja praktik “Studi Proses Pembuatan dan Pemasangan Railing & Ladder Pada Pembangunan Kapal La Lumiere 9 di PT. Blambangan Bahari Shipyard – Banyuwangi”.
Dalam seminarnya, Naufal Mishbahuddin menyampikan bahwa konstruksi dari Kapal Crew Boat L150 menggunakan sistem konstruksi memanjang. Dapat diketahui dari bentuk frame terdapat deck longitudinal, bottom longitudinal, dan side longitudinal yang dimana itu merupakan salah satu karakteristik dari sistem konstruksi memanjang. Selain itu terdapat profil sebagai komponen-komponen penyusun frame. Proses pembuatan frame 25-29 terdiri dari 2 bagian, yang pertama adalah proses fabrikasi yaitu penandaan, pemotongan, dan pembentukan; dan bagian yang kedua adalah sub assembly atau dikenal sebagai tahap perakitan frame dengan menyatukan berbagai komponen konstruksi yang dihasilkan dari proses fabrikasi.
Isman Widad menyampaikan proses dalam pelaksanaan dimensional check jangkar dan rantai jangkar meliputi peninjauan lingkungan apakah jangkar sudah tertata rapi, pembersihan jangkar dan rantai jangkar agar mempermudah untuk dilakukan pengukuran; tahap pengukuran, serta yang terakhir proses penginputan hasil pengukuran kedalam formulir. Hasil dimensional check jangkar dan rantai jangkar pada kapal repair MT.Bingo di PT.Orela Shipyard didapatkan bahwa jangkar bagian starboard; anchor shackle bagian starboard dan portside; swivel bagian starboard dan portside; shackle nomor 1, 2, 3, 4, 7 pada jangkar bagian portside, dan shackle pada jangkar bagian starboard pada nomor 1, 2, 3, 4, 5 kurang dari standard, sehingga perlu dilakukan pergantian. Pada rantai jangkar juga ada beberapa bagian yang perlu diganti seperti, rantai jangkar bagian portside pada segel ke 4, 6, dan 7; sementara untuk rantai jangkar bagian starboard rantai yang perlu diganti terdapat pada segel ke 4 dan 6 saja.
Nurisa Sharani menyampaikan bahwa material yang digunakan dalam pembuatan railing kapal La Lumire 9 adalah adalah Stainless Steel 304, sedangkan pembuatan ladder menggunakan Matt dan Roving sebagai material utamanya. Langkah-langkah pembuatan dan pemasangan railing meliputi penandaan, pemotongan, pembendingan, pengelasan, perataan, tahap pemolesan, perakitan, pemasangan, dan finishing. Sedangkan langkah-langkah pembuatan ladder meliputi pembuatan cetakan, pendempulan dan penghalusan cetakan, laminasi, pemasagan, dan finishing. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 39 Tahun 2016 Tentang Garis Muat Kapal dan Pemuatan yang mengacu pada International Convention on Load Line (ICLL, 1966), railing harus memiliki ketinggian sekurang-kurangnya 1 meter dari geladak. Namun pada kapal tersebut hanya hand railing fore saja yang mencapai ketinggian minimum. Sedangkan untuk ladder, International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS) Chapter 3 tidak memberikan regulasi spesifik mengenai tangga kapal fiberglass, maka pembuatan ladder tersebut dapat dikatakan layak apabila telah diterima dan disetujui oleh pihak class dan owner kapal.
Posted on: June 16, 2023, by : ahmadyasim