Kuliah Tamu : An Innovative Design for Modern Fishing Vessels

Latar belakang perlunya inovasi desain untuk kepal ikan modern adalah karena kapal ikan di Malaysia dan Indonesia umumnya yang masih tradisional, operasional terbatas & muatan terbatas. Untuk itu, UMT membuat sebuah kapal yang tidak hanya inovatif dan efektif namun juga dapat meningkatkan ekonomi. Desain kapal yang digunakan adalah kapal ikan catamaran twin hull yang terbuat dari fiber.

Pada desain kapal tersebut, prediksi tahanan kapal menggunakan software CFD yaitu Numeca. Rencananya kapal akan launching tahun depan. Adapaun spesifikasi kapal ikan tersebut adalah

  • Menggunakan inboard engine dengan kecepatan dinas 12 knot
  • Crew kapal berkisar 6 – 8 orang
  • Dilengkapi ranjang yang dapat di flip
  • Dilengkapi echosounder yang dapat mendeteksi hingga 300 m(deteksi kedalaman kapal dari dangkal laut dan ikan)
  • Dilengkapi alat pancing di kapal

Fungsi modernisasi desain kapal nelayan adalah

  • Memberikan gambaran desain yang lebih baik dari pada desain konvensional
  • Keamanan:
  1. Stabilitas: Desain kapal yang lebih baik dapat meningkatkan stabilitas, mengurangi risiko terbalik atau terguling.
  2. Navigasi: Peningkatan peralatan navigasi dan komunikasi dapat meningkatkan keamanan di laut dan membantu menghindari tabrakan dengan kapal lain atau navigasi yang buruk
  • Keamanan Awak Kapal:
  1. Perkakas Keselamatan: Desain kapal modern dapat mencakup peralatan keselamatan yang lebih baik, seperti pelampung, alat pemadam kebakaran, dan alat keselamatan lainnya untuk melindungi awak kapal

 

Mengapa kapal didesain menggunakan bentuk lambung catamaran twin hull?

  • Kestabilan kapal lebih baik 6x lipat dari mono hull
  • Resistance lebih rendah meskipun dengan displacement yang sama dibanding mono hull
  • Deck area jauh lebih luas 20%-40%
  • Seakeeping lebih baik dan nyaman (mengeliminasi seasickness)

 

Alat tangkap yang digunakan berupa gill net karena memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Ikan kecil tidak akan tersangkut. Mereka bisa keluar karena diameter jaring yang lumayan besar.
  • Memiliki fish trap, serta lobster & crab trap
  • Crab dan lobster yang terjaring adalah yang sudah matang, dalam artian sudah layak konsumsi.

 

Tanya-Jawab Kuliah Tamu

  • Apakah desain inovatif dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi industri perikanan, seperti overfishing, dampak lingkungan, dan ketidakadilan sosial dan ekonomi?

Jawaban = Inovasi merupakan poin yang subjektif tergantung jenis yang diinovasi yang artinya limitter dan bukan one solution for all. Mencari jarak optimum 2 demi hull adalah merupakan poin inovasi. Dengan inovasi desain bisa meningkatkan kemampuan ekonomi nelayan. Alat tangkap biasanya dikeruk, dengan adanya desain alat tangkap baru yang mendukung kelestarian. Untuk mencegah overfishing dapat dengan mendesain gear fishing yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Analisa tahanan menggunakan software apa dan kenapa?

Jawaban = Terdapat banyak software CFD yang tersedia seperti ansys, flow 3d, abacus, numeca. Untuk desain kapal ini menggunakan numeca karena lebih berpengalaman dengan hasil error nya 3-5%. Dengan keakuratan ini dapat menentukan power kapal yang optimal.

Feedback = analisa di maxsurf kurang dan dikembangkan di cfd, kenapa?

Jawaban = Di maxsurf, komponen tahanan viskositasnya tidak masuk seperti yang dihasilkan software CFD. Dari segi akurasi jauh lebih baik karena Maxsurf sendiri tidak mempertimbangkan viskositas sedangkan CFD mempertimbangkan viskositas.

  • Desain fishing vessel yang dikembangkan tersebut adalah desain yang ramah lingkungan melalui upaya pengurangan emisi karbon. Bagaimana itu dilakukan?

Jawaban = Pada desain tadi ada elemen solar panel meskipun hanya sedikit mereduce. The next generation akan menggunakan clean energi artinya penggerak kapal tidak menggunakan motor tetapi memanfaatkan energi terbarukan. Penggunaan layar tentu memungkinkan tetapi tentu sangat berpengaruh terhadap stabilitas.

Feedback = Jika dalam satu kapal menggunakan solar panel atau energi terbarukan yang lain untuk menggerakkan kapal, bagaimana hal tersebut dilakukan?

Jawaban = For your information, kapal yang berlayar di pelabuhan sudah tidak boleh menyalakan mesin kapal dan disupply listrik oleh PLN untuk powernya. tetapi PLN kan juga hasil listriknya berasal dari batu bara yang merupakan fosil jadi untuk saat ini masih bergantung dengan energi fosil tetapi tidak menutup kemungkinan untuk replace energi fosil dengan clean energy. Untuk solar energi, yang dipertimbangkan adalah berapa solar panel yang dibutuhkan, butuh berapa lama untuk mengkonversi energi dsb.

  • Jika diterapkan di perairan Indonesia, apa yang perlu dipertimbangkan mengingat kondisi perairan setiap daerah berbeda – beda? Apa hanya diadopsi saja atau perlu dianalisis juga?

Jawaban = Terdapat level tinggi gelombang 1 2 3 4, jika ada di level 1 Malaysia bisa dioperasikan, maka tidak menutup kemungkinan di Indonesia juga dapat dioperasikan. Faktor ketinggian gelombang merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat desain yang komprehensif. Secara universal harus mengetahui requirement dan kondisi alam, jika sama maka bisa saja langsung diadopsi namun jika tidak maka perlu dimodifikasi dan dianalisis kembali.

  • Perihal kapal modern, di Malaysia bisa dibilang sudah siap menggunakan kapal modern. Kebanyakan penduduk Indonesia belum siap dan lebih memilih menggunakan kapalnya sendiri. Bagaimana?

Jawaban = Desain ini tidak hanya fokus ke teknologi saja tetapi ada education and training tentang perubahan mindset dari generasi tua maupun generasi muda.

Peluang topik skripsi yang bisa diambil dari desain ikan yang dipaparkan tersebut adalah:

  • CFD
  • Finite element
  • Stabilitas
  • Resistance
  • Kekuatan
Posted on: October 31, 2023, by :